Kamis, 26 Desember 2013

Lupis


Selamat Sore.....
.
Hujan di sore gini,enaknya ya nyemil...
.

.
Dah beberapa hari yang lalu beli beras ketan,,,
Baru tadi pagi,di olah,,,,
Salah satu list yang berjejer dalam kepala,,,
Dan akhirnya,kebikin juga,,,
Lupis ini adalah salah satu makanan favorit saya,dimasa kecil,,,
Di jakarta saya jarang menemui pedagang lupis,,,
Kecuali saat Ramadhan tiba,,,,
Pedagang ta'jil di cipulir,langganan saya selalu menjualnya,,,
Sayangnya cuma saat Ramadhan saja beliau berjualan,,,
Berbeda di banjarmasin,akan ada saja yang menjuanya di pasar,,,
Dannn,,,,
Ayah juga sangat suka lupis,,,,,
Yuk marrii....bikin sendiri...

Lupis 
.
Bahan :
500 gr beras ketan,cuci bersih
200 gr gula merah
100 ml air
1/4 kelapa muda,parut memanjang,kukus
Daun pisang sebagai pembungkus
Tusuk gigi sebagai penyemat
.
.
Cara membuat :
1. Lipat atau bentuk segitiga daun pisang,masukkan ketan,padatkan
isinya,tutup daun,sematkan tusuk gigi. lakukan hingga habis.
2. rebus lupis,selama 1-2 jam,saya cuma 1 jam 15 menit. dinginkan
3. rebus gula merah bersama air,hingga mendidih.
4. tata lupis dalam mangkok saji,beri kelapa muda kukus,dan siram
dengan air gula merah. sajikan
.
.

Mudah ya,,,yuk bikin bunda yang cantik di rumah,sebagai cemilan,,,
Buat keluarga tercinta....
.
Kamsamida...
(*_^)

4 komentar :

  1. Ahaaaaaaaaaaaaa Ini dia LUPIS kegemaran saya hiehiehiee.
    Asyyik ada resepnya di sini. Nyaris satu kali dalam Seminggu, saya Insya Allah cari LUPIS ini di pasar tradisional di Pontianak. Enak bangeds buat cemilan Pagi hari sebelum berngkat kerja.

    Terima Kasih sudah membuatkan resepnya. Kapan kapan Insya Allah saya akan coba buatnya di rumah bersama Istri tercinta dan anak anak :)
    Salam dari Pontianak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak Asep sudi berkunjung ke blog saya,,,
      Istrinya pasti bisa bikin lupis,bahkan mungkin lebih enak dari pedagang di pasar2 tradisional.... Aja.aja...fighting,,,,
      .
      .
      # ya pake capcay ya saya

      Hapus
  2. Wah, Lupisx keren tampilanx. Biasax di pasar kan cuma ijo. Sy juga suka bgt sgala jenis penganan dr ketan, apalg lupis. Tp kalo beli pasti abis mkn skt tenggorokan. Gulax udah gak alami, pake pemanis buatan.

    Kalo bs bikin sndiri gini kan enak. . .sehat dan trjamin.
    :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeh,,,aku juga,,kalo beli kadang-kadang,mesti tenggorokan sakit,,,karna yg jual ga mau rugi,,,jadi gulanya di campur pemanis,,, bikin aja,biar lebih sehat,,,pas anak lagi tidur,,,ni aja aku bikinnya malam,,paginya bisa buat sarapan,,,

      Hapus