Selasa, 09 Juli 2013

Hintalu karuang / Bubur candil



Apa kabar bunda,,,hari pertama puasa ya,semoga tetap semangat menjalaninya ya bunda hingga azan magrib berkumdang dan tak ada halangan hingga 1 bulan kedepan . Amin.. ( " _ " ) . Alhamdulillah di beri kesempatan lagi bertemu bulan Ramadhan penuh berkah, bulan penuh ampunan. Selalu postingan yang telat * pemalas dasarnya... kemaren sabtu saya berkunjung ke rumah mertua saya,karna bingung mau bawain apa buat ibu yang masih dalam pemulihan jadilah saya berniat membawakannya bubur,tapi ibu ga terlalu suka bubur,buka kulkas,nemu tepung ketan, teringat ayah sangat suka beberapa waktu lalu saya bikinin,saya berpikir kenapa ga bikin hintalu karuang ( bubur candil). di banjarmasin namanya hintalu karuang karna bulat-bulat seperti telur,dan anehnya setau saya bingkaruang ( kadal kecil) bertelur apa beranak ya.... hmmm..* mencoba mengingat. tapi saya lupa * bilang aja ga tau.... hehehe mungkin bertelur kali ya,,,* mencoba menerka-nerka...lha ko ngomongin bingkaruang ( kadal kecil).
Dan pas nelpon mama nanya resepnya,mama bilang di kira-kira aja gula dan santannya,tepung ketannya juga, lha wong saya mau share di blog gimana di kira-kira ma...? . Langsung berlari ke abang sayur berharap masih ada kelapa tua buat bikin santan dan alhamdulillah masih ada,sekalian minta di parutin aja,biar ga perlu repot * sekali lagi ketahuan malasnya..



Berhubung sekarang bulan Ramdhan bisa jadi alternatif menu buat buka juga ni selain kolak pisang.. jika bunda ingin mencoba,saya share resepnya ya... ( ^ _ * )

Hintalu karuang atau Bubur candil

Bahan :
250 gr tepung ketan
750 ml santan dari 1 butir kelapa ( bisa di kurangi jika ingin kuah kental)
200 gr gula merah
3 sdm gula pasir / sesuai selera
2 lmbr daun pandan
garam secukupnya
air secukupnya
1 btr telur, kocok lepas

Cara membuat :
1. siapkan wadah,masukkan tepung ketan dan garam,beri sedikit demi sedikit air sambil di uleni hingga kalis dan bisa di giling bulat.
2. siapkan nampah atau apapun,taburi tepung tipis,giling bulat sesuai selera besarnya,hingga habis,sisihkan.
3. rebus santan bersama gula merah,gula pasir dan daun pandan,sembari di aduk sesekali agar santan tidak pecah,jika telah mendidih masukkan adonan yang telah di giling bulat.
4. jika bulatan telah mengapung ke permukaan masukkan kocokan telur sembari di aduk sebentar. matikan api.
5. hintalu karuang siap di sajikan.



Selamat mencoba,selamat menjalankan ibadah puasa bunda yang cantik,,,,, * _ ^

Tidak ada komentar :

Posting Komentar