Minggu, 07 Juli 2013

Nasi Kebuli Ayam


Apa kabar bunda,,,,,

Lama yaa saya tidak menengok blog saya,hampir lumutan kali ya,,,karna sampai hari ini saya masih belum terinspirasi buat nulis di blog,selain beberapa hari ini hujan terus di cileungsi membuat sinyal inet suka putus nyambung * demam BBB -Putus nyambung. Jadilah saya hanya bermalas-malasan di kasur sambil nonton drama korea all about romance, 3 hari selesai 16 episode *seharian pull nonton. dan kemaren saya berkunjung ke Dapur manis punya Rina audie dan melihat nasi kebuli ayam goreng * sampe ngeces saya membayangkannya.... secara yaa saya suka sekali dengan nasi kebuli tapi biasa nasi kebuli yang saya makan adalah nasi kebuli kambing,yang di kasih serundeng dan telur dadar dan cacahan timun di atasnya,nasinya juga dimasak bercampur dengan daging kambing * masakan mama yang selalu di kangeni. Tapi pas ngeliat resep bunda Rina ko ya pake ayam trus ayamnya di pisah dan di goreng (penasaran tingkat tinggi).
Buka kulkas ternyata di frezeer masih ada ayam kampung sebelah,ga banyak cincong langsung saya menyiapkan bahan-bahan yang lain. saya selalu menyimpan rempah-rempahan dapur,jadi ga perlu mumet jika di perlukan tinggal buka lemari dapur maka akan ada jejeran toples kecil berisi,kayu manis,pala,cengkeh,adas,jinten,bunga lawang,kapulaga dan asam kandis * Senyum lebar.


Inilah pertama kali saya bikin nasi kebuli ,nasinya gurih beraroma rempah menu yang sangat saya suka, Jika bunda yang lain ingin membuatnya juga di rumah silahkan ya,,, ni resepnya,semoga bermanfaat.

Nasi kebuli ayam goreng

Bahan :
1/2 ekor ayam kampung,potong-potong
250 gr Beras,cuci bersih
300 ml air
1 bh bawang bombay,iris tipis,goreng
2 btg kayu manis
2 btg serai,geprek
4 btr cengkeh
3 btr kapulaga
2 btr bunga lawang/pekak
1 sdt garam

Bumbu halus :
5 btr bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 btr biji pala
1 cm jahe
1/2 sdt ketumbar,sangrai
1/2 sdt jinten,sangrai
1/2 sdt merica

Cara Membuat :
1. Cuci bersih ayam,sisihkan.
2. panaskan sedikit minyak,tumis kayu manis,serai,cengkeh,kapulaga,dan bunga lawang hingga harum, masukkan bumbu halus biarkan hingga harum dan matang,masukkan ayam,aduk rata,hingga ayam berselimt bumbu dan tambah kan air.
3.bumbui dengan garam,dan cicipi rasa,biarkan ayam hingga empuk dan kuah menyusut sedikit.
4.angkat ayam,sisihkan kaldunya
5. masak beras dengan air kaldu,(tambahkan air bila kurang) sampai air kaldu habis.
6. siapkan kukusan,kukus nasi hingga matang
7. panaskan minyak,goreng ayam hingga matang dan kering
8. sajikan nasi kebuli bersama ayam goreng dan taburi dengan bawang bombay goreng.


Hasilnya di luar dugaan,enyak-enyak,,,,kalap mata,nambah trus,,,,,, ( * _ ^ )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar