Jumat, 21 Juni 2013

Khasiat dan Manfaat buah lemon untuk tubuh dan kulit


Bunda bunda yang cantik pasti sering membeli lemon buat perlengkapan perang di dapur ya,selain bentuk dan warnanya yang cantik ternyata lemon memiliki manfaat yang banyak buat tubuh dan kulit kita bunda,,,beberapa bulan yang lalu saya sedang membaca sebuah artikel ketika lagi iseng nunggu antrian di salon pengen creambath,,*daripada bengong..dan sekarang saya lagi berusaha mengeluarkan memori itu lewat tulisan...sambil ngintip catatan inti (sempat saya catet poin pentingnya) hallleh,,nyontek namanya mah,,,,

Kandungan yang bermanfaat dari buah lemon :
Serat
Potassium
Alkalin
Fosfor
Kalsium

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat buah lemon untuk tubuh :

1. Redakan gangguan lambung
Saat dipadukan dengan air panas,lemon bisa membantu meredakan banyak ganguan pencernaan,termasuk mual dan heartburn (naiknya asam lambung ke kerongkongan). mengonsumsi jus lemon secara teratur membantu kerja usus mengeluarkan sampah secara efisien. lemon bekerja sebagai pemurni darah dan agen pembersih. jus lemon juga berfungsi sebagai tonik hati dan membantu mencerna makanan dengan membantu hati memproduksi lebih banyak air empedu.

2. Jaga kesehatan kulit
Lemon sebagai obat antiseptik alami, bisa membantu mengatasi ganguan kulit. lemon merupakan buah citrus ya bukan sirkus,,,*he.he. yang kaya vitamin C yang menguatkan kecantikan bunda dengan meremajakan kulit dari dalam *asik2 awet muda. sehingga membuat wajah lebih bercahaya (pasang bohlam juga bercahaya silau malah)dilempar sapu sama ibu2 sekomplek. konsumsi air lemon secara rutin dinyatakan bisa mengubah penampilan kulit bunda. lemon bekerja sebagai anti-penuaan dan mengangkat kerutan serta jerawat. untuk menyamarkan bekas luka,cobalah beli obat penyamar luka eh bukan tapi cobalah oleskan air lemon ke area kulit yng bermasalah.

3. Bantu perawatan gigi
Air lemon juga bisa di gunakan dalam perawatan gigi. meneteskan jus lemon segar ke area gigi yang sakit dinyatakan bisa membantu mengusir rasa sakit (ditambah satpam cepat perginya tu sakit)he.  bunda juga bisa membantu menghentikan gusi berdarah dengan memijatkan sari lemon ke area gusi (belum di coba sii tapi konon katanya lumayan menghentikan pendarahan pada gusi). selain itu juga jus lemon bisa mengusir bau mulut dan gangguan lain terkait gusi.

4. Atasi infeksi tenggorokan
Kandungan anti-bakteri di dalam lemon membantu mengatasi gangguan infeksi tenggorokan,sakit tenggorokan dan tonsilitis. untuk mengatasi sakit tengorokan,cobalah encerkan sari dari setengah lemon dengan setengah gelas air dan berkumurlah secara teratur.

5. Turunkan berat badan
Minum air lemon dinyatakan bisa mempercepat penurunan berat badan. bunda juga bisa menurunkan berat badan dengan mengonsumsi campuran jus lemon,air hangat dan madu.

6. Kontrol tekanan darah tinggi
Kandungan kalium di dalam lemon bisa membantu pasien gangguan jantung. lemon bekerja mengontrol tekanan darah,pusing mual serta merileksasikan tubuh dan pikiran(asal ga terlibat hutang dengan rintenir). lemon juga dinyatakan bisa mengurangi stress dan depresi mental.



Khasiat dan manfaat buah lemon untuk kulit :

1. Kulit berminyak
Peras lemon kedalam mangkok yang berisi air es. percikkan ke seluruh wajah,pijat selama 5 menit dan bersihkan wajah dengan air. lakukan rutin,kulit berminyak akan berkurang.

2. Kulit kering dan kasar
Campurkan satu kuning telur dengan beberapa tetes air lemon dan minyak zaitun. oleskan di wajah dan biarkan sampai kulit terasa kering. bersihkan dengan air biasa dan percikkan dengan air es.

3. Menghilangkan kelelahan pada mata
Ambil masing-masing empat sendok maka dari air lemon dan air es. taroh di sebuah kapas,campuran dari lemon dan air es tadi dan letakkan di mata bunda yang tertutup kurang lebih 10 menit.

4. Menghilangkan bibtik-bintik
Gilinglah 2 buah almond. campurkan dengan satu putih telur yang telah dicampur setengah sendok teh air lemon. oleskan pada area wajah berbintik biarkan sampai kering. kemudian cuci bersih dengan air hangat kemudian dengan air dingin.

Semoga bermanfaat ya bunda infonya,,,, (* _ ^)..... Kamsamida.....

2 komentar :

  1. air lemon ??? wow aku banget nih. Udah +/- 2 bulan ini tiap bangun tidur selalu minum air hangat yang dikucuri 1 bh lemon/jeruk nipis. Alhamdulillah lambungku adem jadinya. Nggak nyangka ya mitos yang beredar selama ini ternyata bertentangan dengan khasiat lemon itu sendiri.

    BalasHapus
  2. iya mba,,mamaku di banjarmsin juga,,ga mau minum air perasan lemon,katanya takut maagnya kambuh,tapi setelah liat saya minum tiap hari,jadi ikutan juga mama,alhamdulillah ga ada gejala maag tu yg kumat malah pencernaan dan lambung adem...mungkin pemikiran mereka lemon/jeruk nipis tu mengandung asam padahal mengandung bassa yang aman buat lambung.

    BalasHapus