Selasa, 04 Juni 2013

Soto ayam


Apa kabar bunda,,,,,
Ternyata begini ya rasanya,jika pusing mikirin soal menu,bolak-balik mikirin mau masak apa nanti,lagi mencuci kepikiran,nyetrika juga kepikiran,nyapu dan ngepel pun masih saja di pikirkan. 
Tadi pagi sih ga ke abang sayur,jadi otomatis isi kulkas ya sisa-sisan perang kemaren. jadilah saya memutuskan bikin soto ayam aja,masih ada dada ayam yg utuh,jarang-jarang saya masak dada ayam,karna ayah ga suka,katanya ga enak bun,ayah sukanya paha,jadi kalau saya beli ayam,ayah bagian paha,saya bagian dada,tapi karna kali ini bikin soto pembagiannya tuk sementara di hapus dulu... ^ - *

Jika mengingat asal saya dari banjarmasin,kenapa saya bikin soto yg kuning bening begini (saya belum bisa bikin soto banjar...hiks) soto bening ini saya belajarnya dari ibu mertua,padahal selalu rindu soto banjar buatan mama,berkuah pekat yg kaya dengan bumbu-bumbu,, sluruup..sslurup (ngeces ngebayanginnya),Hasrat hati memeluk gunung apadaya tangan tak sampai,lupakan lah dulu soto banjar nya,bikin soto yg bening aja,lagipula ayah juga suka ko dengan semua jenis soto.

Bahan :
1 bh dada ayam
3 btr cengkeh
2 lmbr daun salam
3 lmbr daun jeruk,buang tulang daunnya
2 btg serai,ambil putihny,geprek
2 sdt garam
1/2 sdt merica
1/2 sdt gula
1 btg daun bawang,potong-potong 1 cm
2 cm jahe,geprek
2 cm lengkuas,geprek

bumbu halus;
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 btr kemiri,sangrai
2 cm kunyit,bakar
1 sdt ketumbar,sangragi
1/2 sdt jinten,sangrai

pelengkap;
soun,seduh dengan air panas,tiriskan
kol,iris tipis
taoge
bawang goreng
daun bawang,iris tipis
seledri,iris tipis
sambal
kerupuk



Cara membuat

1. Rebus ayam bersama jahe sampai mendidih,buang airnya,rebus kembali ayam dengan air sebanyak 1 liter air sampai mendidih.
2. tumis bumbu bersama,daun salam,daun jeruk,serai,dan lengkuas hingga wangi,masukkan kedalam rebusan ayam.
3. bumbui,dengan garam,merica dan gula,cicipi rasa.
4. angkat ayam,masukkan cengkeh dan daun bawang,biarkan sampai mendidih,taburi bawang putih goreng.
5. goreng ayam dalam minyak panas,hingga kuning keemasan,angkat,biarkan dingin,iris tipis atau suir-suir.
6. tata soun,taoge,kol,ayam dan irisan tomat,siram dengan kuah soto,taburi bawang merah goreng,daun bawang dan seledri.
7. sajikan dengan nasi putih anget,sambal dan kerupuk.
 Dan rasa gundah saya hilang seketika,begitu di hadapkan dengan semangkok soto ayam dan sepiring nasi,laparpun mendera,,,,(lupa peralatan dapur masih berantakan) ^-^...



Tidak ada komentar :

Posting Komentar