Selasa, 04 Juni 2013

Kue bugis


Kue bugis,,kenapa ya bisa dinamakan kue bugis,,sepertinya di sulawesi ga ada kue ini,ada sih yg mirip,tapi bukan bugis namanya,,,(sambil mikir),he,lupa apa namanya kalau orang bugis menyebutnya,,,menurut saya malah mirip kue moci cuma bedanya,bugis ini pake campuran tepung ketan hitam dan di isi parutan kelapa.
Bikinya sii dah hari senin kemaren,karna ke asikan nonton drama korea school 2013,ga sempat-sempat saya menyentuh ni laptop,kalau malam,rebutan dengan ayah makai laptopnya,kebetulan hari ini saya banyak waktu senggang,ga ada kerjaan lagi,setelah memasak dan bayar pdam,makanya saya mulai merajut cinta saya dengan laptop ke sayangan ini ( Grrrr )....


Tidak saya bungkus dengan daun,layaknya kue bugis yg biasa di jual di pasaran atau yg biasa bunda lain bikin dengan daun pisang,, he,,(^-^) abang sayur ga bawa daun pisang,mau metik di pinggir kali takut nyemplung sayanya ke kali,mengingat arus kalinya deras banget dan pohon pisangnya tinggi-tingi dan sadar diri juga kalau saya selampai (1meter lebih ga nyampai)..wahahaha...jadilah kue bugis yg 'telanjang'.
Pertama makan kue ini pas ada arisan komplek di blok sebelah,hmm,,,saya makan banyak waktu itu,tanpa rasa malu,,dan pas arisan bubar saya nanya,resepnya biar bisa ditiru di rumah,malamnya dengan semangat ke superindo langsung beli tepung ketan putih dan hitam,biar esoknya bisa langsung bikin,,,alhasil,semangat saya memudar,karna kecapean setelah mencuci,tepar dan berleyeh-leyeh saja di kasur. dan senin kemaren saya semangat lagi buat nyoba bikin kue bugisnya,,,Taaadddda,,,jadilah kue bugis yg mirip kue moci ini.



Mungkin kalau isiannya di tambah nangka yg di iris kecil enak kali ya,,,,nanti kalau bikin lagi lagi mau di tambah nangka,dan kelapanya pake gula putih aja.

Bahan :

100 gr tepung ketan putih
50 gr tepung ketan hitam
1 1/2 kentang kukus,haluskan ( 1 aja jika kentang yg di gunakan besar)
2 sdm gula halus /gula tepung
100 ml santan kental,hangat
1/2 sdt minyak
sejumput garam

Isian ;
100 gr kelapa muda parut
50 gr gula merah,sisir halus
1 lmbr daun pandan
sejumput garam
50 ml air

Cara membuat :
1. Isi ; campur semua bahan,panaskan wajan anti lengket,masak bahan sampai tercampur rata dan tak berair. dinginkan,bikin bulatan kecil.
2. kulit ; campur tepung ketan putih dan hitam,kentang,gula dan garam,aduk rata.
3. tuang santan hangat sedikit-sedikit sambil di uleni hingga kalis,tambahkan minyak goreng,ratakan.
4. ambil sedikit adonan kulit,pipihkan,beri isi,bulatkan,lakukan sampai adonan kulit dan isi habis.
5. siapakan kukusan sampai panas,dan kukus kue kurang lebih 15 menit,sambil sesekali di buka kukusan.
6. sajikan hangat,bersama teh manis.


Sepertinya waktu itu saya kelaman mengukusnya,,jadinya kue bugisnya melar,,montok-montok..tak apalah,yg penting cemilan kue bugisnya enak ko,kenyal dan legit.





Tidak ada komentar :

Posting Komentar