Rabu, 12 Juni 2013

Oseng Kerang Hijau dan Oseng Leuncha


Waaaa lagi rajin banget ya saya hari ini,,,duduk manis di depan lap-lap berjam-jam lamanya,tanpa terganngu dengan drama korea yg belum selesai saya tonton,mumpung lagi betah nulis,ya sekalian aja deh,,sebenarnya,dah beberapa hari yg lalu memasaknya,,ini menu makan malam yg sederhana dengan bumbu yg juga lagi-lagi minimalis.
Waktu itu menunya,kerang hijau dan oseng lenca,ga ada sup buat memperlancar di tenggorokan apalgi kimci yg menyegarkan dan menambah selera makan,hanya berteman nasi putih anget,dan kerupuk bersama air es karna tumben malam-malem hawanya panas,dan ingin minum es,jangan ditanya nambah nasi atau engga,sudah ketahuan pasti saya nambah,dan ayah apalagi (tambah buncit aja tu perut)



Seandainya saja waktu itu saya masak nasi dua bakul bakalan habis juga kayanya,,mengingat selera makan lagi tinggi-tingginya,,he.kebetulan beli kerangnya yg udah di kupas,jd ga perlu repot ngupas cangkangnya,makanan seafood memang kesukaan saya,,karna dari kecil sudah dikenalkan dengan makanan laut apalagi ikan-ikanan tawar jangan ditanya,apalgi mengingat daerah saya dari banjarmasin,kota seribu sungai,dulu waktu kecil saya suka ikut abang saya mencari ikan,dan pulangnya saya dimarahin mama karna badan penuh lumpur plus dimarahin abang juga,karna abang dimarahin mama membawa saya yg masih kecil tapi tak pernah membuat saya jera mengikuti abang mencari ikan walau harus jaga jarak dengan abang di sawah atau di sungai.. he.masa kecil yg membahagiakan,karna selalu bersama kemana saja,sekarang saya yg merantau di kota orang.terpisah dengan orang tua dan saudara,ga bisa pulang sesering mungkin,karna saya ga punya pesawat pribadi (gayanya dah seperti konglomerat).....he.he.
Kembali ke menu aja ya bunda,karna takkan cukup kalu satu halaman bercerita tentang saya..he

Oseng kerang hijau
Bahan :
250 gr kerang hijau kupas
1/2 bh bawang bombay
2 siung bawang putih,cincang halus
5 bh cabe rawit,iris-iris
2 bh cabe hijau,iris-iris
1 sdm saos tiram
1 sdt minyak wijen
1 sdt gula pasir
1 sdm air lemon
garam & merica sesukupnya

Cara membuat :
1. Cuci bersih kerang,sisihkan
2. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga haram,masukkan irisan cabe rawit.
3. Masukkan kerang,saos tiram,minyak wijen dan air lemon,aduk rata,beri sedikit air,biarkan hingga
4.Bumbui dengan gula,garam dan merica,aduk rata dan terakhir masukkan irisan cabe hijau,aduk lagi,matikan api,sajikan.

Oseng leunca
Bahan :
150 gr leunca
1 papan oncom,uleg kasar
3 siung bawang merah,iris
2 siung bawang putih,cincang
1 ikat kemangi

1 sdm kecap manis
garam & merica secukupnya

Cara membuat:
1. Rebus air hingga mendidih,beri sejumput garam dan masukkan leunca,biarkan hingga mendidih lagi airnya,angkat,tiriskan.
2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi,masukkan leunca dan oncom,aduk rata.
3. Bumbui dengan kecap manis,garam dan merica,
4.matikan api,masukkan kemangi. sajikan..


Tidak ada komentar :

Posting Komentar